Share File & Internet dan Copy & Paste File Antar 2 Komputer atau Lebih Menggunakan Wireless

Sebenarnya sudah banyak tutorial yang ada di internet mengenai yang akan saya share kali ini.Kali ini saya akan mencoba membagian tutorial bagaimana cara melakukan share file maupun share koneksi internet, sehingga komputer lain dapat menggunakan internet yang anda punya. Anda juga bisa melakukan copy dan paste file dengan menggunakan Wireless. Biasanya, kita selalu menggunakan media Flash Disk untuk mentransfer file. Padahal, ada cara yang lebih mudah dari itu.

Disini, tentu saja saya menggunakan 2 buah komputer untuk melakukan percobaan. Untuk mulai melakukannya, anda harus membuat koneksi ad-hoc di komputer utama anda, atau komputer yang sedang anda gunakan.
Perhatian! Untuk melakukan share koneksi internet, pada komputer utama harus sudah ada koneksi internet yang akan di share.
Membuat ad-hoc
Buka Start dan ketik “Network and Sharing” dan tekan enter. Maka, jendela Network and Sharing Center akan terbuka. Lalu, klik “Set up a new connection or network”.
Lalu klik “Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network”. Dan klik Next.
Selanjutnya, anda akan diberitahukan beberapa informasi mengenai koneksi ad-hoc. Langsung saja, klik Next.
Lalu, anda harus memberikan nama untuk koneksinya di kolom “Network name”. Selanjutnya, pilih tipe keamanannya. Disini, saya tidak menggunakan keamanan apapun, karena koneksi yang akan saya gunakan bersifat sementara. Jika anda ingin menyimpan network ini, silahkan beri tanda centang pada “Save this network”. Nantinya, ad-hoc yang anda buat tidak akan terhapus jika sudah di disconnect. Jika sudah, klik Next.
Selanjutnya, jika anda ingin sharing koneksi internet yang anda miliki, klik saja “Turn on Internet connection sharing”.
Jika sudah, jika anda klik di tray icon connect, maka akan ada network yang memiliki status “Waiting for users”. Ini artinya, komputer lain dapat melakukan koneksi ke komputer anda.
Connect komputer kedua dengan komputer utama
Sekarang, saya akan beralih ke komputer kedua saya. Untuk anda, berarti minta teman anda untuk melakukan connect ke network yang sudah anda buat sebelumnya.
Jika anda sudah selesai melakukan “connect”, maka anda juga sudah bisa menggunakan internet pada komputer kedua.
Menambahkan folder yang dishare
Secara default, file dan folder yang dapat diakses oleh komputer kedua sangatlah sedikit, yaitu hanya folderuser. Jika anda ingin share file dan folder di komputer utama yang lebih banyak, masuklah ke komputer utama. Buka Windows Explorer. Dan pilihlah folder yang ingin anda share. Disini, saya akan share folder “My Picture”. Klik My Picture dan pada bar, akan ada opsi “Share with”. Klik opsi “Share with” dan klik “Specific people”.
Lalu, pada menu drop down, pilih “Everyone” dan klik Add.
Lalu, pada permission level, pilihlah “Read/Write” agar komputer kedua dapat membaca dan juga menulis data di komputer utama.
Jika sudah, klik “Share”. Maka, komputer kedua dapat mengakses My Picture yang dimiliki komputer utama. Anda juga bisa melakukan hal ini di folder lain, agar komputer kedua dapat mengaksesnya.
Sekarang, kita beralih ke komputer kedua, buka Windows Explorer dan pada panel sebelah kiri, klik Network.
Maka, nama komputer utama akan tampil disana. Komputer utama yang saya memiliki bernama “HPNOTEBOOK”. Jadinya, klik dobel di “HPNOTEBOOK” untuk melihat file dan folder yang sudah dishare.
Pada Network, akan terlihat folder apa saja yang dishare oleh komputer utama. Anda pun dapat melakukan Copy & Paste file seperti biasa.
Kesimpulan
Dengan melakukan cara ini, anda dapat menghemat waktu dan tenaga, karena tidak diperlukan flashdisk lagi. Sekian artikel ini, semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s