Mengapa Blog Sepi Komentar dan Tips Agar Blog “Kebanjiran” Komentar

Mengapa blog sepi dari komentar pengunjung? Atau bahkan sama sekali tidak ada komentar yang menghiasi artikel blog kita. Mungkin ini pernah dirasakan banyak sobat blogger yang lain, sama seperti blog ini di awal peluncurannya. Padahal saat itu saya sudah membuat lebih dari 25 postingan namun belum ada juga yang memberikan komentarnya. Bagaimanapun komentar pengunjung menandakan seberapa populer blog kita dan bisa meningkatkan kunjungan ke blog kita.
Berikut ada beberapa hal yang menyebabkan pengunjung blog enggan dan bahkan tidak bisa berkomentar di blog kita.

A. KECILNYA UKURAN TINGGI FORM KOTAK KOMENTAR.

Ukuran tinggi form kotak komentar berpengaruh terhadap pengunjung blog yang ingin memberikan komentarnya pada artikel kita. Mengapa? Saat calon komentator ingin mengetikkan kode verifikasi (captcha) tidak bisa, karena form pengetikan kode verifikasi itu sendiri tidak muncul. Akhirnya…? jelas saja gak jadi komen dech.
form pengetikkan kode verifikasi captcah tidak muncul
form kode verifikasi tidak muncul
Cara mengatasinya yaitu dengan mengubah ukuran tinggi form kotak komentar.
Alternatif ini buat sobat blogger yang memilih pengaturan komentarnya harus memasukkan kode verifikasi terlebih dahulu. Cari kode berikut di edit template HTML ;

<iframe allowtransparency=’true’ class=’blogger-iframe-colorize’ frameborder=’0′ height=’275′ id=’comment-editor’ scrolling=’no’ src=” width=’500’/>

atau kode seperti ini

<iframe allowtransparency=’true’ class=’blogger-iframe-colorize blogger-comment-from-post’ frameborder=’0′ height=’275′ id=’comment-editor’ name=’comment-editor’ src=” style=’display: none’ width=’100%’/><b:else/>

Carilah kode yang berwarna biru dahulu, karena setiap template mungkin berbeda pengkodeaannya, kemudian ubah ukuran tinggi (height) menjadi minimal 410sedangkan untuk lebar “width” sesuaikan. Dengan mengubah angka-angka tersebut maka form kotak komentar akan bertambah tinggi, sehingga form untuk memasukkan kode verifikasi bisa terlihat
Buat sobat yang tidak ingin mengubah kode2 diatas, alternatif lain yang bisa dipilih adalah dengan mendisable kan pengaturan tampilkan kode verifikasi captcha di setelan komentar dashboard blog kita. Tentunya agar saat pengunjung ingin berkomentar tidak perlu lagi memasukkan kode captcha yang diminta. Lagipula kode verifikasi kadang bisa membuat calon komentator jengkel karena kode yang mereka masukkan salah, sehingga harus memasukkan ulang. Bayangkan jika ini berulang, tentu pengunjung tidak jadi berkomentar kan?
Takut spam? Menurut saya sobat blogger tak perlu takut mengenai hal ini, karena blogspot sendiri telah mengaktifkan fitur spam filter otomatisnya, sehingga begitu komentar pengunjung dianggap spam, maka secara otomatis pula komentar tersebut masuk ke spam “folder”.
Cara Pengaturannya:
    Masuk ke akun blogger Dasbor> Setelan > Pos dan Komentar>
    Pada item Tampilkan kode verifikasi? pilih tidak.

B. BANYAKNYA LANGKAH ATAU SYARAT UNTUK PENGUNJUNG YANG INGIN BERKOMENTAR.

  • Pada penjelasan sebelumnya adalah salah satu contoh, yaitu pengunjung harus memasukkan terlebih dahulu kode verifikasi, belum lagi jika jaringan lelet dan kode yang dimasukkan salah.
  • Kemudian masalah moderasi komentar, banyak alasan mengapa pemilik blog mengaktifkan moderasi komentar, bisa jadi karena takut kritik yang berlebihan, komentar yang “aneh” dan banyak alasan lain yang hanya pemilik blog itu sendiri yang tahu. Saya sendiri mendisablekan pengaturan moderasi komentar ini, toh nantinya komentar yang sudah muncul bisa saya hapus atau saya kategorikan sebagai spam. Caranya ialah masuk ke setelan pos dan komentar > Moderasi komentar? > pilih Tidak Pernah. Saya yakin banyak komentator blog yang ingin komentarnya langsung muncul. Betul???
  • Kemudian yang ketiga adalah pada pengaturan siapa yang dapat mengomentari? > Pilih semua orang, agar siapa saja pengunjung blog bisa memberikan komentarnya.
  • Tampilan taut balik, fitur ini adalah bagi pengunjung blog yang menggunakan identitas nama dan url sebagai identitas komentator, silakan sobat atur ke tampilkan taut balik ke Tampilkan. Saya menyarankan ini ditampilkan dengan tujuan untuk menghargai dengan memberikan backlink ke pengunjung blog tersebut. Namun semua terserah anda. Silakan lihat gambar di bawah untuk keterangan selengkapnya.

C. KONTEN ATAU ARTIKEL POSTINGAN KURANG UNIK DAN MENARIK.

Ya, ini menjadi salah satu tolok ukur banyak tidaknya komentar ke blog kita. Konten yang menarik dan unik (jarang ada) akan menarik perhatian pengunjung blog untuk berkomentar. Artikel copas dan pernah dibaca pengunjung juga berpengaruh terhadap niat pengunjung untuk berkomentar. Memang terkadang ada artikel tertentu yang terkadang tidak perlu di komentari.
Secara umum, blog yang memuat tentang tutorial blogging biasanya banyak komentarnya, apalagi jika kontennya cukup menarik, ini terkait dengan isi artikel itu sendiri, misalnya pada postingan saya yang berjudul Cara memasang komentar facebook di blog. Mereka yang tidak berhasil memasangnya tentu akan bertanya lewat komentar. (mungkin ini salah satu kelebihan blog yang berisikan tutorial blogging). Namun sobat blogger yang isi artikelnya tidak memuat tutorial blogging bisa mengatasi dengan salah satu teknik, misalnya isi artikel yang penuh kontroversi, sehingga pengunjung blog terpancing untuk menanggapinya.

D. PEMILIK BLOG KURANG KOMUNIKATIF.

Ini juga salah satu alasan mengapa orang enggan berkomentar. Misalnya seorang pengunjung blog mengajukan pertanyaan namun tidak dijawab atau tidak ditanggapi oleh admin pemilik blog.
Oke mungkin itu saja sedikit tips mengenai sebab-sebab sepinya komentar di blog. Mungkin jika ada kesalahan harap dimaklumi dan jika ada sobat lain yang mau menambahkan silahkan tinggalkan komentar. Happy Blogging.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s